Facebook Izinkan Pengguna Mendonasikan Organnya

Jejaring sosial Facebook yang memungkinkan 900 juta penggunanya untuk berbagi status donor organ mereka dalam upaya untuk menyebarkan kesadaran. Pembaruan akan muncul pada Timeline pengguna dan pada bagian Tentang profil mereka. Pengguna juga dapat mengontrol siapa yang dapat melihat status donor organ mereka. "Para ahli medis percaya bahwa kesadaran yang lebih luas tentang donor organ bisa pergi jauh ke arah memecahkan krisis ini," tulis sebuah pernyataan dari CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Chief Operating Officer Sheryl Sandberg. "Dan kami percaya bahwa hanya dengan memberitahu orang-orang bahwa Anda seorang donor organ, kekuatan berbagi dan koneksi dapat memainkan peran penting."


Facebook mengatakan inisiatif ini terinspirasi oleh bencana terakhir seperti gempa tahun lalu dan tsunami di Jepang, dan peran jaringan sosial dalam menjaga orang yang terhubung.

"Kami tidak pernah bisa mengantisipasi bahwa apa yang dimulai sebagai sebuah jaringan kecil akan berkembang menjadi semacam alat yang ampuh untuk komunikasi dan pemecahan masalah," tulis pernyataan mereka. "Karena ini terjadi, kami berharap dapat membangun alat yang membantu orang mengubah cara kita semua memecahkan masalah-masalah sosial di seluruh dunia."

Lebih dari 114.000 orang di AS sedang menunggu untuk transplantasi, menurut data dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Mereka tuan rumah sebuah situs web dengan lebih rinci tentang donor organ .

Bulan April adalah Donasi Hidup , drive ditujukan untuk mendesak lebih banyak orang untuk menjadi donor organ, mata dan jaringan.

Dalam sebuah wawancara dengan Good Morning America, Zuckerberg menggali lebih dalam inspirasi di belakang proyek donor organ, termasuk peran Facebook selama peristiwa bencana.
"Baru-baru, ketika tornado datang melalui di Missouri, banyak orang menggunakan Facebook untuk mengatur kembali  item yang hilang," kata Zuckerberg GMA. "Di Jepang, orang-orang menggunakan Facebook untuk membantu menemukan teman-teman dan keluarga. Jadi, kami pikir, kami bisa melakukan apapun untuk membantu orang memecahkan jenis-isu, seperti semua orang yang membutuhkan donasi organ?"
Zuckerberg juga mengutip pacarnya, Priscilla Chan, yang sedang belajar untuk menjadi seorang dokter anak. "Percakapan makan malam kami sering tentang Facebook dan anak-anak, dan anak-anak itu pertemuan dia," kata dia. "Dia akan melihat mereka semakin sakit, kemudian, tiba-tiba, organ sudah tersedia, dan dia pulang dan wajahnya berseri-seri karena kehidupan seseorang akan menjadi lebih baik karena hal ini."

CEO Facebook juga berbagi sedikit tentang hubungannya dengan Apple c0-pendiri Steve Jobs, yang meninggal tahun lalu setelah pertarungan panjang dengan kanker . Pada tahun 2009, Jobs menerima transplantasi hati di sebuah rumah sakit Memphis.

Ketika ditanya apakah dia pernah berbicara dengan Jobs tentang donor organ, Zuckerberg mengatakan itu adalah "tidak melakukan hal ini secara khusus, tetapi ia adalah teman Dan saat kami memikirkan ini, pasti, saya pikir itu sesuatu yang ada dalam pikiran kita semua .."
Adapun pengguna Facebook yang tidak ingin berbagi donasi organ status: "Mereka jelas tidak perlu berpartisipasi, tapi bahkan jika ini tidak menyentuh semua orang, saya berharap bahwa ini bisa membuat dampak yang nyata."

Labels: