KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

Kalau anda membeli sepeda tapi tidak dengan rodanya, maka sepeda itu tidak akan berfungsi, dengan kata lain sepeda tersebut tidak dapat dikatakan suatu sistem, karena masih ada komponennya yang kurang.kalau anda mempunyai sebuah jam tangan digital elektronik yang harganya sampai ratusan ribu rupiah dan mengalami kerusakan total sehingga tidak dapat diperbaiki, maka jam tersebut sudah tidak ada nilainya lagi,walaupun komponen – komponennya anda jual sendiri sendiri.inilah mahalnya suatu sistem.apakah sistem itu? Suatu sistem dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsitem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Suatu sistem dapat terdiri dari sistem –sistem bagian (subsystem).sebagai misal, sistem komputer dapat terdiri dari subsistem perangkat lunak. Masing masing yang lebih kecil lagi atau tersiri dari sub sistem - subsistem ag lebih kecil lagi atau terdiri dari komponen – komponen.subsistem perangkat keras (hardware) dapat terdiri darialat masukan, alat pemerosesan, alat keluaran dan sistem luar.subsistem – subsistem sedemikian rupa,sehingga dicapai suatu kesatuan yang terpadu atau terintegrasi (integrated).anda dapat membayangkan, bagaimana seandainya sistem komputer yang ada miliki, masing – masing komponennya saling bekerja sendiri sendiri tidak terintegrasi,maka tujuan dari sistem komputer tersebut tidak akan tercapai.


KARAKTERISTIK SISTEM
Karakteristik sistem mempunyai karakteristik  atau sifat - sifat yang tertentu, yaitu mempunyai komponen- komponen (components), batas sistem (boundary),lingkungan luar sisitem (environments),penghubung (interface),masukan (input) keluaran (output),pengolah (proses) dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).
BATAS SISTEM
Batas sistem merupakan darah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai dsatu kesatuan.batas suatu sistem menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem.
LINGKUNGAN LUAR SISTEM
Lingkungan luar dari sistem adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut.lingkungan luar yang menguntungkan  merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap di jaga dan dipelihara.sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan,kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
PENGHUBUNG SISTEM
Penghubung merupakan media penghubung antara subsistem yang lainnya.melalui penghubung ini memungkinkan sumber sumber daya mengalir dari satu subsistemke subsistem yang lainnya.keluaran (output)dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung.dengan penghubung suatu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk suatu kesatuan.
MASUKAN SISTEM
Masukan adalah energi yang dimasukan kedalam sistem.masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input)dan masukan sinyal (signal input).maintance input adalah energi   yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi.signal input adalah energi yang diproses untuk diidapatkan keluaran.sebagai contoh di dalam sistem komputer,Program adalah Maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan kompuernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
KELUARAN SISTEM
Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklafisikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak bergunamerupakan hasil sisa pembuangan, sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

keyword :elektronik,sistem komputer,Maintenance input ,signal input,Karakteristik sistem,hardware



Labels: