Windows 8 Menjanjikan Booting Super Cepat Hanya 8 DETIK

Dengan Windows 8, era explorer yang menyusun semua dalam bentuk folder berakhir. Dekstop tetap masih ada, namun didesain ulang dengan rancangan yang lebih simpel dan langsung menyediakan akses kepada pengguna ke berbagai aplikasi yang dimilikinya. Desain desktop baru yang diberi nama Metro ini berisi update informasi mulai dari tanggal, agenda, email, posting di jejaring sosial, serta semua aplikasi yang ada.
"Windows 8 memperkenalkan gaya interface baru disebut Metro yang dibangun untuk perangkat layar sentuh, yang menunjukkan informasi penting, mendukung simplicity dan memberi Anda kontrol," Kata Sinofsky seperti dikutip International Business Times hari ini (14/9/2011).
Desain Metro ini sebenarnya bukan hal baru. Microsoft sudah memperkenalkannya di Windows Phone 7 untuk smartphone. Namun, untuk Wiondows di PC dan tablet, ini pertama kalinya.

Windows 7 memang lumayan lama dalam waktu bootingnya dan tablet Android atau Apple iPad sebagai tablet memiliki waktu booting yang lebih cepat, nah terkait strategi Microsoft yang ingin menghadirkan Windows 8 sebagai sistem operasi tablet juga maka tentu Microsoft perlu berbuat sesuatu untuk mempercepat waktu booting pada Windows 8.

Ahirnya usaha Microsoft berhasil di mana waktu booting kurang dari 10 detik berhasil dicapai yang didemokan pada laptop berspesifikasi Core i7-2620M Sandy Bridge processor, 8GB RAM dan 160GB solid-state drive (SSD). Tapi pada PC di mana waktu booting Windows 7 memakan waktu 70 detik berhasil menjadi hanya 20 detik apabila menggunakan Windows 8. Wow, peningkatan yang signifikan yah.

Anda bisa melihat proses yang dilakukan Windows 8 untuk memperoleh waktu proses booting yang cepat:

Labels: ,