Tuesday, April 17, 2012

Perkembangan Perbandingan Prosesor INTEL DAN AMD


Perkembangan prosesor menjadi pemicu dalam meningkatkan komputer. berbagai cara dilakukan orang untuk memperbaiki dan mengembangkan komponen yang satu ini. hal itu terbukti dengan banyaknya perubahan dan pembaharuan prosesor dalam hitungan detik saja. merek prosesor yang digunakan adalah merek INTEL dan AMD. Kedua prosesor ini saling bersaing untuk merebut pangsa pasar. kebutuhan coustumer menjadi tantangan bagi kedua perusahaan Procesor ini .jadi jangan heran jika notebook atau PC menggunakan Merek diantara kedua merek procesor ini.

Bagian Bagina procesor

Secara umum Prosesor mempunyai 3 bagian Penting yang Arithmatics logical unit (ALU), Control Unit ( CU ), dan Memori Unit (MU).
- Arithmatics logical unit (ALU)
 Alu merupakan pusat untuk menghitung operasi aritmatika dan logika untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah komputer.
- Control Unit ( CU )
  Control Unit ( CU ) merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalulintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. dengan adanya kontrol unit ini, semua perhitungan dan eksekusi yang harus di jalankan dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah denga perintah lainnya.
- Memori Unit (MU)
memori unit merupakan unit pendukung, dimana semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara di bagian ini. dengan adanya memori unit,prosesor tidak lagi memanggil perintah yang sama kebagian lain.dengan demikian, waktu yang digunakan untuk menjalankan perintah perintah dapat dipersingkat. pada prosesor modern memori unit sudah ada pada bagian prosesornya ( CORE ) dan dikenal dengan nama cache memori hal inilah yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah Eksekusi.

TEKNOLOGI BARU YANG DIKELUARKAN OLEH INTEL DAN AMD1. Seri Core
Adalah pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.Istilah yang kerap dipakai adalah multithreading. Aplikasi yang dirancang untuk ini menugaskan langkah-langkah kerja (threads) tertentu kepada setiap core prosesor yang dikerjakan secara paralel. Peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh mencapai 70%.Pada aplikasi yang tidak dirancang untuk multithreading, peningkatan kinerja baru terasa bila beberapa aplikasi dijalankan sekaligus (multitasking). Misalnya ketika Anda bekerja dengan program word processor, sebuah tool AntiVirus bekerja di latar belakang untuk melindungi pekerjaan Anda dari serangan virus. Hal ini serupa dengan Hyperthreading pada Intel. Bedanya, konsep Hyperthreading menggunakan 2 prosesor virtual.
Walaupun prinsip Dual-Core pada AMD dan Intel sama, realisasinya berbeda. Saat ini Intel masih memotong 2 core prosesor (Die) tunggal dari wafer semikonduktor, dua CPU Pentium dengan masing-masing L2 cache. Kedua cache baru disatukan dalam paket Dual-Core. Sebaliknya, AMD sudah menggabungkan kedua core tidak terpisahkan dalam sebuah Die. Melalui Hypertransport Protocol, keduanya dapat langsung berkomunikasi seperti komponen pada chip Northbridge. Sebuah protokol khusus digunakan untuk menjamin pengelolaan L2 cahe secara lebih efisien. Selain itu, cache-controller terintegrasi memungkinkan akses data langsung dalam RAM.
2.      64 Bit
Inovasi yang paling menggebrak dari pengembangan prosesor adalah implementasi 64 Bit. Dari sisi hardware, sejak dua tahun lalu, AMD sudah siap dengan solusi CPU 64 Bit pertamanya. Sayangnya, CPU ini belum didukung Windows di segmen Desktop. Baru setelah Intel juga menawarkan CPU 64 Bit dengan seri 6xx, industri prosesor mulai berubah. Sejak Mei lalu, Windows XP versi 64 Bit sudah tersedia dan dapat digunakan pada CPU AMD maupun Intel.
            Dari sisi software, Extended Memory 64 Technique (EM64T) Intel ini sama dengan yang dipakai AMD. Teknologi ini adalah perluasan konsep 32 Bit dengan fungsi-fungsi tambahan sehingga software 32 Bit masih dapat digunakan.Registry dan perintah-perintah 64 Bit antara lain dapat mempercepat penanganan bilangan yang membutuhkan tempat lebih dari 32 Bit, termasuk format "Long-Integer" dan "Double-Floating-Point" yang digunakan pada aplikasi ilmiah. Dengan teknologi 64 Bit, memory address yang dapat dikontak juga meningkat 16 Exabyte (praktiknya hanya sekitar 1 Terabyte). Sebanyak 32 memory address maksimal hanya mencakup 4 GB.
Peningkatan kinerja lewat teknologi 64 Bit dapat dilihat pada hasil uji Cinebench 2003 dari Maxon Cinema 4D. Dengan Athlon X2, aplikasi 64 Bit ini mencapai kinerja 30% lebih tinggi dibanding aplikasi 32 Bit. Sementara dengan Pentium 4/670 kinerjanya lebih cepat 20%.


perusahaan terbesar pembuat dan pengembang prosesor


1.Intel Corporation

adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.
Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan “Intel Leap ahead”.
procesor intel
procesor intel
Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :

1. Intel® Pentium® 4        
2. Intel® Pentium® Dual-Core
3. Intel® Core™2 Duo                     
4. Intel® Core™2 Quad
5. Intel® Core™2 Extrme             
6. Intel® Core™  i3, i5, i7
HIGH end from intel
intel core i5, i7
i5, i7
Kinerja Dari Procesor High-end dari intel core i5 dan i7
intel core i7(9xx) hampir sudah 1 tahun di luncurkan dan merupakan prosesor tecepat di kalangan pengguna PC. namun i7 masih mempunyai sedikit kekurangan,yaitu dari segi Harga bukan dari segi kinerja.
untuk mengantisipasi larinya para pembeli ke pesaing intel karena masalah budget yang gede ini,maka intel telah meluncurkan produk terbaru yaitu Core i5,yang di tujukan untuk pasar mainstream.prosesor ini sebenarnya masih keturunan i7 tetapi dengan perubahan struktur.
i7 yang sebelumnya memakai soket bloomfield,berbeda dengan i5 yang memakai soket lynnfield,
berikut perbandingan core i5 dengan core i7 dari beberapa pengujian:

1.SYSmark 2007 preview(software penguji kinerja sistem secara keseluruhan)
media2 aplikasi:WME 9,3S max 8.0

:kinerja core i5 mengungguli i7 satu poin persis,namun sebenarnya keseluruhan kinerjanya adalah sama,ketika turbo boost di aktifkan,core i7 langsung unjuk gigi dengan unggul empat poin.kendati ini tidak terlalu banyak.

2.PC mark vantage ( tes kinerja sistem menyeluruh,dengan "windows vista")

media2 aplikasi:PC Mark suite

:core i7 masih unggul dari core i5,pada sistem Gaming performa core i7 masih tidak terkejar oleh core i5,jadi bagi yang ingin membangun game 3D,core I7 pilihan yang menarik.

3.3D mark Vantage (mengukur kinerja untuk game 3D)

:core i7 masih unggul,ketika speedstep dan turbo boost di aktifkan hasil yang di peroleh relatif tetap-seperti terjadi bottleneck pada kartu grafis yang digunakan.

4.siSoftware sandra 2009
media2 aplikasi:berbasis windows,seperti benchmarks,haedware dan sofware.

pada benchmarks ada tes bandwidth dan jelas core i7 lebih unggul engan triple channelnya.hal sama juga terlihat pada intruksi ISEE4.1 yang masih di pimpin oleh coe i7 dengan perbedaan yang mencolok.


5.Cinebanch R10 (kinerja pada animasi 4D)

:core i7 dan core i5 sama-sama berinti empat.core i7 di untungkan oleh adanya hyper-threading(HTI),sehingga sekali lagi core i7 lebih baik dari core i5.

6.Media encorder 9 (mengukur kinerja konversi video)

:di dalam hal ini core i5 lebih unggul dari i7 dengan selisih waktu yang cukup jauh,setelah di lakukan penelitian oleh tim pcPLUS "terdapat sebuah anomali yakni kinerja prosesor akan turun ketika "HT" dinyalakan".oleh sebab itu core i7 harus tunduk dalam hal ini dari i5.

7.dBpowerWamp Music converter 13.1 (mengukur kinerja konversi Audio)
:i7 kembali unggul disini,dan menariknya ketika turbo boost di aktifkan core i5 langsung melesat ke depan,inilah bukr sempurnanya turbo boost pada lynnfield(soket prosesor yang di pakai i5)

8.PT.Boats:knights of the sea benchmarks (kinerja di game 3D directX10)

:Kinerja core i7 dan i5 hampir sama di sini,karena hanya terpaut 1-2 fbps,yang paa praktikya tidak terasa.
:pengukuran di lakukan pada saat masing2 prosesor dalam keadaan idle an di bebani 100%.
seperti yang kita ketahui,dengan TDP lebih rendah(95W VS 130 W),Core i5 menyerap lebih sedikit daya di bandingkan core i7.
perbedaan konsumsi dayanya cukup banyak.jadi performa core i7 yang bagus harus di bayar dengan konsumsi daya yang besar pula.

2. AMD Corporation

AMD (Advanced Micro Devices)
adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :


1. AMD Sempron™                     
2. AMD Athlon™ FX
3. AMD Athlon™ 64                          

4. AMD Athlon™ X2
5. AMD PHENOM™ X3                         

6. AMD PHENOM™ X4
7.  AMD bulldozer 

PERBANDINGAN KECEPATAN PROSESOR INTEL DAN AMD

Dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri.
Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan.
 


High end CORE i7 intel VS AMD bulldozer

AMD bulldozer Vs Core i7


Sekitar 8 tahun yang lalu AMD akan melalui tahap besar di mana mereka berkisar dari FX Athlon CPU yang menawarkan konsumen kinerja industri terkemuka di banyak skenario. Misalnya dalam game seperti Unreal Tournament 2003, angka frame per detik dicapai pada CPU ini melebihi apa yang mungkin terdapat  Pada Intel, kemenangan kunci dalam menyebarkan kata baik dari mulut ke mulut di kalangan penggemar.
Sejak itu pasar prosesor telah berubah secara signifikan meskipun dan dapat dikatakan bahwa saat ini Intel adalah produsen yang menawarkan produk yang ideal untuk para penggemar dan pengguna mainstream. AMD di sisi lain telah menciptakan berbagai APUS yang menawarkan alternatif yang baik di ujung bawah pasar. Seperti biasanya terjadi di industri ini sudah jelas untuk beberapa waktu bahwa AMD bekerja pada sebuah penerus Phenom 2 kisaran X6 mereka, sebuah produk baru yang akan mengambil Core CPU terbaru i5 dan i7 pada soket 1156 Platform Intel. Hari ini kita bisa melihat untuk pertama kalinya bagaimana model top di AMDs berbagai FX baru dari CPU, sebelumnya dikenal sebagai Bulldozer, melakukan melawan setara Intel yang ada seperti yang kita menempatkan kepala CPU dua sampai kepala. Tidak hanya itu meskipun kita akan menguji seluruh platform mereka, pengujian game, USB 3.0, SATA 6Gb / s dan kinerja PCIe.

Dokumen yang dikutip membandingkan prosesor 8-core berdasarkan pada arsitektur CPU “Bulldozer” performa tinggi dengan 8 thread, 4-core, Intel Core i7 950 dan dengan CPU II enam-core Phenom X6 1100T, dalam tiga skenario penggunaan yang berbeda (media, rendering dan game).
Hasil bervariasi tergantung pada tugas yang dijalankan, tapi, akhirnya, prosesor Bulldozer membuktikan diri untuk menjadi sekitar 50% lebih cepat daripada Core i7 950.  FX-8150 CPU AMD mencapai kecepatan 8.46GHz yang memecahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan oleh AMD. telah mampu memecahkan rekornya sendiri  sekitar 120MHz, yang merupakan peningkatan yang cukup penting mengingat bahwa rekor sebelumnya dia mendapati hanya 30MHz lebih besar dari rekor sebelumnya. Rekor dunia baru 8584.8MHz tepatnya, 123.3MHz lebih besar dari sebelumnya.

5 comments:

  1. Perkembangan Perbandingan Prosesor INTEL DAN AMD

    ReplyDelete
  2. jadi. bagusan yang mana, nih????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau budget gede mending pilih AMD bulldozer aja sob

      Delete
  3. Gmn klo intel core I3 dibandingkan dgn AMD phenom II triple core, kira2 rekomend yang mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya hanya bisa membandingkan aja
      Sebagai pembanding,AMD Phenom II X3 720 Black Edition. Selain fitur unlocked clock multiplier yang dimilikinya, ia terkadang juga memberikan sedikit keajaiban. Karena core ke empatnya bisa anda buka, tentunya jika anda beruntung :-)
      Intel i3 memiliki 2 thread,L2 cache lebih besar.namun 2thread maya masih belum nyata 4 core kalau mau performen dari intel pilih i5 or i7 core i3 masih tanggung namun intel punya kalitas di banding amd

      untuk gaming or grafik yang power pilih amd aja
      terkecuali anda suka intel usahakan kalau pilih intel corei3 VGA nya pilih Nvidia jangan Integrated Graphics

      Delete