Apakah Bulldozer AMD lebih cepat dari Core i7 Intel dan Sandy Bridge?

Apakah Bulldozer AMD lebih cepat dari Core i7 Intel dan Sandy Bridge?

Dokumen yang dikutip membandingkan prosesor 8-core berdasarkan pada arsitektur CPU “Bulldozer” performa tinggi dengan 8 thread, 4-core, Intel Core i7 950 dan dengan CPU II enam-core Phenom X6 1100T, dalam tiga skenario penggunaan yang berbeda (media, rendering dan game).
Hasil bervariasi tergantung pada tugas yang dijalankan, tapi, akhirnya, prosesor Bulldozer membuktikan diri untuk menjadi sekitar 50% lebih cepat daripada Core i7 950.



AMD Bulldozer lebih cepat dari Intel Core i7? Atau Anda bisa bertanya, Bulldozer adalah lebih cepat dari Sandy Bridge. Mari kita mulai dengan beberapa pengenalan Bulldozer AMD. Bulldozer AMD AMD taruhan terakhir untuk mengambil alih mahkota CPU. Gagal lain waktu akan memberikan pukulan serius untuk pangsa pasar AMD. Mereka perlu menjual CPU lebih menguntungkan daripada CPU low end yang tidak memberikan AMD yang profit margin tinggi, CPU high end adalah semua bisnis. Bulldozer AMD adalah arsitektur desain ulang keseluruhan, sejak AMD K8 (Athlon64/Athlon FX ingat?) Tidak ada perubahan besar dalam arsitektur CPU AMD untuk generasi Phenom satu dan serta Phenom II. Itulah sebabnya Intel mampu menarik menjelang AMD dalam hal kinerja per jam dan dengan demikian efisiensi daya.

AMD melangkah lebih jauh dengan membuat desain ulang baru yang tidak pernah terlihat sebelumnya dalam CPU apapun. Sebuah AMD Bulldozer terdiri dari modul bukan core seperti apa yang ditemukan di CPU modern hari ini, seperti quad core Phenom II X4, dual inti Core2Duo dan raja terbaru dari mahkota core 6 core i7 990X. Sebuah modul tunggal dari Bulldozer terdiri dari dua bilangan bulat scheduler dan satu floating point penjadwal. Floating point scheduler mampu menduplikasi ke dua thread pada tingkat hardware seperti apa yang Anda lihat dalam teknologi HyperThreading Intel menggunakan semacam SMT. Pada dasarnya, sebuah modul tunggal lebih besar dari satu inti dalam hal ukuran mati dan lebih kecil dari dual core. Sejauh ini kinerja, modul Bulldozer pasti lebih cepat dari single core, tetapi kehilangan ke dual core khas. AMD mengklaim bahwa modul Bulldozer lebih efisien daripada desain dual core yang hanya menggunakan ukuran mati 12% lebih besar untuk scheduler bilangan bulat digandakan tetapi memberikan cara yang lebih dari 12% dari kinerja threaded. Alasan lain untuk desain ini adalah bahwa desain multi-inti yang khas akan mengalami pemborosan perangkat keras sebagai sumber daya idle akan diduplikasi di chip tersebut, seperti diklaim oleh AMD.

Bulldozer AMD
Sebuah modul tunggal dari Bulldozer AMD

Poin pertama yang harus ditekankan adalah angka patokan yang diberikan oleh AMD, tidak ada angka yang pasti seperti yang diam-diam disimpan tapi menurut TechPowerUp sini , Bulldozer lebih cepat dari Core i7 950 quad core 3GHz 8 thread dengan teknologi HyperThreading sebesar 50%! Itu klaim yang sangat besar tapi saya merasa mengejutkan. Bulldozer AMD adalah rakasa threaded. Sebuah CPU tunggal Bulldozer terdiri dari minimal 4 modul, yang sama dengan 8 benang. Saya tidak akan menyebutnya prosesor 8-core karena tidak benar-benar terdengar seperti inti kepada saya berdasarkan spesifikasi teknis. Karena setiap modul Bulldozer yang terdiri dari dua scheduler unit integer, itu akan menjadi tidak punya otak yang Bulldozer mampu menangani 8 thread lebih baik dari Core i7 950 yang merupakan hiper-threaded 8 benang prosesor quad core. Hal ini terutama berlaku di sebagian besar aplikasi kita berjalan di desktop kita saat ini yang mengandalkan sebagian besar pada unit pengolahan integer. AMD memberikan prioritas kurang pada merancang unit titik mengambang yang lebih baik untuk arsitektur baru mereka terutama karena AMD percaya masa depan akan APU, di mana semua perhitungan floating point akan dilakukan oleh unit pengolahan grafis sebagai gantinya.

Dari sudut pandang saya, desain sebuah modul 4 Bulldozer akan hampir setara ke arsitektur-sama dengan CPU 6 core benar. Yang berarti, jika Core i7 adalah kepala di kepala dengan Bulldozer untuk kinerja thread tunggal, Core i7 membutuhkan paling tidak CPU 6 inti untuk mencocokkan Bulldozer modul 4. Namun berdasarkan klaim kinerja 50% lebih baik oleh AMD, yang juga berarti inti i7 980X akan dihisap oleh Bulldozer. Kita bisa mengambil yang mengklaim 50% dengan sebutir garam, tetapi menjadi lebih cepat dari Core i7 950 pasti dikreditkan. Dan pertanyaan selanjutnya adalah, apa clock rate untuk Bulldozer AMD  untuk membandingkan ke 950 core i7?
Bagaimana Intel Bulldozer Sandy Bridge VS AMD? Sandy Bridge adalah hal yang baru, kinerjanya dapat dilihat dari Core i7 dua tahun. Serupa dalam kinerja tapi lebih murah. Dan itu baik untuk seseorang yang mencari CPU high end dengan harga mid range. Sandy Bridge pasti pilihan yang lebih baik jika AMD Bulldozer dengan harga kisaran yang lebih tinggi. Dan dengan teknologi Sync bonus Cepat, yang memungkinkan Anda melakukan encoding video / decoding pada kecepatan kali lebih cepat dari kartu grafis high end dari nvidia dan AMD.


Patokan ini diambil dari Rumourpedia, bagi penggemar.
Titik berikutnya yang saya ingin menyebutkan adalah "FX" moniker. "FX" adalah penyebut yang digunakan oleh AMD untuk label CPU kinerja tinggi. Ingat Athlon FX hari? Athlon FX-55 dan Athlon FX-57 CPU baik dari memenangkan kembali tahun selama hari-hari emas AMD. Dan AMD telah membawa kembali "FX" kembali ke lineup CPU baru mereka tahun ini. Dan coba tebak, kita bisa melihat akhir seperti CPU tinggi dari AMD.  FX-8130P, FX-8110, FX-6110 dan FX-4110 adalah beberapa CPU Anda bisa diharapkan dari garis arsitektur Bulldozer AMD CPU. Dan menurut Xbitslab , Zambezi mampu menawarkan kinerja 50% lebih baik dalam aplikasi multimedia dibandingkan dengan Phenom II. Zambezi adalah nama kode untuk CPU arsitektur Bulldozer baru. Itu hanya tidak terdengar benar, seperti dengan meningkatkan arsitektur dan sangat berulir dengan hanya 50% perbaikan? Core i7 mampu meninggalkan margin besar dibandingkan Phenom II pada beberapa benchmark multimedia terutama pada video / audio encoding. Dan bahwa 50% lebih cepat dari Core i7 klaim oleh AMD membuat saya percaya patokan dari klaim 50% jelas bukan patokan multimedia.

Saya tidak akan ragu bahwa jika Core i7 adalah baik Nahalem atau Westmere. Berdasarkan info yang dikumpulkan sejauh ini, saya akan mengatakan ya. AMD Bulldozer ini lebih cepat dari Core i7 berdasarkan spekulasi. Namun, Core i7 Nehalem lebih dari dua tahun sementara Westmere baru berusia 1 bulan yang lalu. Tidak banyak info sejauh ini, tetapi ada dua hal yang tertentu, yang merupakan die 22nm menyusut dan lebih cepat dari generasi sebelumnya Core i7. Ini berarti masalah bagi AMD sebagai Ivy Bridge lebih kecil. Lebih baik kita berdoa mukjizat untuk Bulldozer AMD jika kita ingin beli dengan harga lebih murah, dan persaingan yang membawa manfaat bagi konsumen.

Labels: