Gerhana Matahari Cincin pertama 2012

Sempat main Kemarin malem ke Kantor Lapan (lembaga pengamatan antariksa nasional) yang bertempat dekat rumah saya disana terpampang Pamplet bahwa akan terjadi gerhana matahari pada bulan ini. ini merupakan Gerhana Matahari perdana pada tahun 2012 ini dan akan terjadi pada tanggal 20 Mei akhir pekan ini. Gerhana terjadi ketika Bulan melintas di depan Matahari dan menampilkan sebentuk "cincin api".
gerhana Matahari ini sering di sebut dengan gerhana matahari cincin (annular solar eclipse). Pada saat terjadinya nanti, Bulan akan menutupi sekira 94 persen Matahari sehingga hanya tampak sebagai cincin bercahaya.

Ratusan juta orang akan bisa menyaksikan kejadian ini. Zona gerhana kali ini merentang dari Asia Tenggara, Samudra Pasifik sampai wilayah barat Amerika Utara.

Jalur terjadinya gerhana Matahari cincin hanya selebar 200 mil saja, namun melintasi banyak tempat yang padat populasi di dunia. Tempat-tempat tersebut adalah Tokyo di Jepang, Medford di Oregon, Chico di California, Reno di Nevada, Alburquerque di New Mexico dan Lubbock di Texas. Di tempat tersebut gerhana matahari ini akan terlihat sekitar 04 menit 30 detik.

"Cincin matahari pada saat gerhana Matahari cincin merupakan cahaya yang sangat terang. Meskipun sebagian besar Matahari akan tertutup, Anda tetap perlu memakai alat untuk bisa menyaksikan gerhana ini dan kebetulan teropong antariksa yang ada di sekolah kami mungkin akan di gunakan secara perdana untuk menyaksikan gerhana matahari ini.

Labels: