meninggalnya Dennis Ritchie penemu bahasa pemrograman C




Dunia teknologi kembali kehilangan tokoh penting dalam dunia komputer. Dennis Ritchie, seorang ilmuwan komputer yang mempunyai banyak sumbangsih dalam dunia teknologi tutup usia pada umur 70 tahun.

Ritchie dikenal sebagai pelopor dalam ilmu komputerisasi modern. Dia merupakan "raksasa" dalam dunia teknologi, meskipun sebagian besar  orang tidak mengetahuinya. Demikian seperti dilansir Digital Spy,Jumat (14/10/2011).

Walaupun tak sepopuler Steve Jobs, namun pengaruhnya dalam dunia teknologi sama hebatnya. Ritchie merupakan penemu bahasa pemrograman C dan salah satu pengembangan Unix yang keduanya pendukung teknologi modern.

Bahasa C ini digunakan untuk memprogram sistem yang sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

Sedangkan Unix menjadi sistem operasi pilihan untuk internet dan kemudian banyak digunakan pada berbagai jenis perangkat keras.

Prestasi Ritchie-pun banyak diakui, salah satunya pada tahun 1999 ketika ia di anugerahi US National Medal of Technology, penghargaan tertinggi di Amerika untuk teknologi.

Presiden Alcatel-Lucent Bell Labs, Jeong Kim mengatakan, "Ritchie benar-benar inspirasi bagi kita semua, bukan hanya karena prestasinya, tapi juga sebagai teman, penemu, dan seorang pria rendah hati yang ramah," ujarnya.

Programer Google, Tim Bray-pun menyampaikan kesannya terhadap Ritchie melalui Twitternya, "Dia sudah membantuku dengan ciptaannya selama tiga puluh tahun," kata Bray.

Seorang pengembang, James Grimmelman mengatakan bahwa pengaruh Ritchie setara dengan Jobs.

"Ritchie mempunyai pengaruh yang sama besarnya dengan Jobs, hanya saja itu kurang terlihat," ujarnya di akun Twitternya.


info from WikiPedia

Latar belakang 

Ritchie lahir di BronxvilleNew York. Pendidikan sarjana diraihnya dari Harvard di bidang fisika dan matematika terapan. Pada tahun 1967, Ritchie mulai bekerja di Bell Labs' Computing Sciences Research Center, kemudian di Lucent Technologies hingga ia pensiun pada tahun 2007. Pada tahun 1968, Ritchie mendapatkan gelar doktor Ph.D. dari Harvard. Ritchie (bersama Ken Thompson) menerima penghargaanTuring Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Pada tahun 1988, Ritchie terpilih menjadi anggotaNational Academy of Engineering atas jasanya dalam "development of the 'C' programming language and for co-development of the UNIX operating system."

Bahasa C dan Unix

Ritchie dikenal sebagai pembuat bahasa pemrograman C, pengembang utama sistem operasi, dan sebagai salah satu dari penulis (bersamaBrian Kernighan) buku "kamus bahasa C," The C Programming Language.
Penemuan bahasa C dan pengembangan Unix menjadikan Ricthie dan Ken Thompson sebagai pionir utama dunia komputasi modern. Bahasa C hingga kini masih digunakan secara luas dalam program aplikasi, sistem operasi, pengembangan sistem benam, dan pengaruhnya dalam bahasa pemrograman modern lain. Sedangkan Unix juga telah memberikan pengaruh besar, membangun konsep dan prinsip dalam dunia komputasi masa kini.

Penghargaan

Thompson (kiri) dan Ritchie (tengah) menerima National Medal of Technology dari Presiden Clinton pada tahun 1999.
Ritchie (kanan) menerima penghagaan Japan Prize for Information and Communications pada tahun 2011 di kantor pusat Bell LabsMurray HillNew Jersey.

Turing Award

Pada tahun 1983, Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Turing Award atas jasa mereka dalam pengembangan teori sistem operasi dan khususnya atas implementasi sistem operasi Unix. Pada kesempatan tersebut, Ritchie memberikan kuliah yang berjudul "Reflections on Software Research"

IEEE Richard W. Hamming Medal

Pada tahun 1990, Ritchi dan Ken Thompson menerima IEEE Richard W. Hamming Medal dari Institute of Electrical and Electronics Engineers(IEEE), "sebagai penggagas sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C"

National Medal of Technology

Pada 21 April 1992, Ritchie dan Ken Thompson menerima National Medal of Technology 1998 dari Presiden Bill Clinton atas jasa mereka dalam menemukan sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C yang telah menyebabkan pengaruh besar bagi perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan sistem jaringan serta merangsang pertumbuhan industri sehingga membawa Amerika memimpin di Era Informasi.

Japan Prize

Pada tahun 2011, Dennis Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Japan Prize for Information and Communications atas jasa mereka sebagai pionir dalam pengembangan sistem operasi UNIX.

Kematian

Dennis Ritchie ditemukan meninggal dunia pada 12 Oktober 2011 dalam usia 70 tahun, di rumah yang ditinggalinya sendiri, di Berkeley Heights, Berita kematiannya diketahui pertama kali dari seorang mantan koleganya, Rob Pike.Penyebab dan waktu kematian belum diketahui secara pasti. Ritchie diketahui berada dalam kondisi kesehatan yang lemah sejak beberapa tahun lalu setelah menjalani pengobatan kanker prostat dan penyakit jantung. Kematiannya hanya berselang satu minggu setelah kematian Steve Jobs, namun tidak terlalu banyak menjadi topik pemberitaan media massa. Seorang ahli sejarah komputer, Paul Ceruzzi mengatakan pengaruh keduanya dalam perkembangan dunia teknologi komputer adalah sebanding.


Tulisan Ritchie


Kutipan

Labels: ,