Dalam beberapa kesempatan berdialog dengan teman-teman pengguna Internet terutama para orang tua, pertanyaan tentang sensor Internet bagi anak-anak menjadi pertanyaan standar yang sering sekali di layangkan.

Orang tua tidak menginginkan anak-nya melihat hal-hal yang kurang baik di Internet sebelum waktunya. Jika putra / putri anda sudah cukup umur terutama mahasiswa, biasanya hal seperti itu bisa dibebaskan.

Jika kita memiliki PC sendiri di rumah untuk akses ke Internet maka anda cukup beruntung karena umumnya browser (seperti IE5.0, Netscape) sudah menambahkan fasilitas untuk mem-filter content Web yang tidak baik.



Pada IE 5.0 fasilitas sensor / filter tersebut dapat di aktifkan melalui Tools à Internet Options à Content à Content Advisor à Enable. Maka akan tampak windows seperti gambar terlampir.Cukup banyak fasilitas yang diberikan oleh Content Rating ini, pada prinsip-nya yang akan di rating akan meliputi empat hal utama yaitu:

·    Language (bahasa)
·    Nudity
·    Sex
·    Violence (kebrutalan).

Pola rating yang digunakan adalah dari Recreational Software Advisory Council rating service for the Internet (RSACi) yang berbasis pada kerja Dr. Donald F. Roberts dari Stanford University. Dr. Robert mempelajari efek dari media selama 20 tahun. Ada lima (5) tahapan rating yang dapat dipilih dari ke empat (4) aspek di atas dalam contoh terlihat rating level 4 dalam hal bahasa yang akan memfilter situs yang membawa bahasa yang kasar.

Setelah kita Apply rating à OK maka content advisor akan menanyakan password kepada kita. Isikan password supaya hanya kita saja yang bisa mengubah filter tersebut, dengan cara itu jika putra-putri anda mengakses ke Internet maka jika ada hal-hal yang kurang baik di Internet tidak akan bisa di lihat / dibaca / di download melalui browser IE 5.0 yang anda gunakan. Sialnya lagi putra-putri anda tidak akan bisa mengubah settingnya karena password content rating hanya dimiliki oleh anda. Oleh karenanya jangan sekali-sekali memberikan password tersebut ke putra-putri anda.

Mudah-mudahan  pola ini juga dapat di sebar luaskan ke rekan-rekan pengusaha Warung Internet agar kita dapat memperoleh jaminan bahwa putra-putri kita yang mengakses Internet di WarNet-Warnet akan aman dari hal-hal yang kurang baik.