Friday, May 11, 2012

cara mengembalikan data terformat di harddisk

Do you like this story?

harddisk merupakan komponen yang mungkin paling di jaga jaga karena mungkin disini data mahal yang kita punya disimpan. di karenakan cara kerja hardisk atau sebuah peranti penyimpanan (storage) yang merekam data secara cepat menjadi pulsa magnetik pada sebuah platter/disk metal yang berputar.

tapi bagaimana bila Data data yang kita simpan mengalami hilang terformat dll. sebenarnya ada beberapa cara untuk mengembalikan data anda tapi ada sarat syarat tertentu. dikarenakan tidak semua tools yang sempurna. secara keseluruhan mungkin data akan kembali namun bila hardisk sudah melakukan penimpahan mungkin data akan rusak karena di timpah dengan data lain.

sebaiknya anda coba cermati dulu penjelasan di bawah ini.

Sebenarnya untuk cara Kerja Software Recovery mempunyai metode yang berbeda untuk mengembalikan file yang terhapus atau terformat. Namun prinsip kerjanya sama, yaitu mengandalkan  proses penghapusan data OS dengan hanya menghapus index data. recoveri bekerja Dengan menscan isi media penyimpan data, software recovery bisa mengenali file yang indexnya sudah tidak ada. sebenarnya File itulah yang akan dianggap sebagai data yang telah terhapus. File itu bisa di periksa apakah ada bagian filenya yang sudah ditimpa atau belum, bila ada maka lenyap sudah  file tersebut dikarenakan file mungkin terjadi corupt, bila belum maka file bisa di recover secara sempurna.
yang saya tahu Tidak ada software recovery yang sempurna, yang bisa mengembalikan data di hardisk yang sudah di timpa beberapa kali oleh data lain ( karena hardisk merupakan piringan yang merekam data secara cepat menjadi pulsa magnetik nah dalam artian data tertimpah itu ketika data di hapus dan di isi berarti data yang hilang kembali lagi di isi dengan data baru seperti contoh Setiap kali install ulang ). Jadi bila suatu saat terjadi kehilangan data, jangan lakukan aktifitas yang memungkinkan adanya penulisan data di hardisk. Dengan begitu mungkinan data bisa kembali utuh semakin besar. Untuk lokasi tujuan file yang akan di recovery sebaiknya diletaknya di drive yang berbeda dengan data yang mungkin dihapus. Supaya memperkecil kemungkinan data yang sedang di recovery tertimpa oleh data hasil recovery, kalau itu terjadi hasilnya mungkin tidak lebih dari 10%, dan mungkin data akan rusak tertimpah oleh data itu sendiri.
mungkin ada syarat-syaratnya data yang akan di recovery sbb:
1. Jangan lakukan aktifitas yang memungkinkan adanya penulisan data pada media penyimpan data yang mau direcovery.
2. Lokasi tujuan file yang di recovery sebaiknya letaknya di drive yang berbeda dengan data yang dihapus.
Nah itu sebagian  penjelasan tentang pengembalian hardisk

anda bisa download EASEUS Data Recovery Wizard 5.0.1 Full dibawah:

download EASEUS Data Recovery Wizard 5.0.1 Full

Written by: hendry hidayat
senantiasa belajar, Updated at: 10:33 AM

About the Author : Hendri Hidayat

Artikel cara mengembalikan data terformat di harddisk ini ditulis oleh Hendri Hidayat pada hari Friday, May 11, 2012.hello saya hendri hidayat Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang cara mengembalikan data terformat di harddisk dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah.

YOU MIGHT ALSO LIKE
COMMENTS
facebook Comments
7 blogger Comments

Advertisements